Jumat, 28 Oktober 2011

coretan kecil tentang sumpah pemuda

Hari ini 28 oktober 2011, diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. 83 tahun yang lalu putra-putri bangsa Indonesia yang penuh dengan semangat persatuan mengikrarkan janji persatuan. Janji untuk satu bangsa, satu bahasa, dan satu tumpah darah. Tepat 83 tiga tahun putra-putri Indonesia melaksanakan sidang kedua yang menghasilkan ikrar yang hingga kini dikenal dengan sumpah pemuda.
Kini,pada tanggal ini, 28 oktober 2011, bangsa indonesia dari segenap penjuru memperingatinya. Namun perlu untuk kita renungkan, sudah 83 tahun berlalu adakah peningkatan semangat persatuan di bangsa ini ataukah semangat itu telah meredup seiring dengan makin tuanya usia sumpah pemuda itu semakin renta pula semangatnya. Perlu kita renungkan sejenak,kenapa ikrar ini disebut sumpah pemuda?kenapa bukan sumpah indonesia??menurut hemat saya karena putra-putri Indonesia yang sangat cerdas telah memahami bahwa pemuda adalah generasi penerus,bahwa pemuda adalah ujung tombak negeri ini, bahwa pemuda adalah cerminan bangsa ini di masa depan. Pemuda adalah pembaharu,ujung tombak perubahan. Begitu banyak fakta yang menunjukkan bahwa pemuda adalah generasi yang memiliki peran penting. Dalam perjuangan proklamasi misalnya pemuda ikut ambil bagian penting, salah satu diantaranya sebut saja Sutan Sjahrir. Masih banyak lagi contoh tentang peran penting pemuda terhadapsuatu bangsa. Akan jadi apa negeri ini di masa mendatang bisa diprediksi dari kondisi pemuda disaat ini.
Hari ini sumpah pemuda telah genap berumur 83 tahun. Umur yang cukup renta. Bercermin dengan kondisi pemuda sekarang ini, di usia sumpah pemuda yang renta ini kita melihat bahwa semangat yang diwariskan putra-putri indonesia yang mengikrarkan sumpah pemuda 83 tahun yang lalu semakin memudar.
Bangkitalah hai pemuda-pemudi Indonesia. Bangkitlah wahai putra-putri Indoensia. Bangunlah dari tidur panjang mu hai pemuda. Bangkit dan berkarya. Tunjukkan pada dunia bahwa pemuda-pemudi Indoensia yang sekarang adalah generasi emas bangsa Indonesia. Tunjukkan bahwa pemuda-pemudi Indonesia adlah orang-orang hebat yang mencintai bangsa ini, yang menyayangi ibu pertiwi, yang pantas dibanggakan negeri ini. Bangkitlah hai putra-putri Indonesia. Jadilah generasi emas bangsa ini. Bangkitlah hai teman-teman ku,pemuda-pemudi Indonesia, Teriakkan “ pemuda Indonesia telah bangkit dari tidurnya,dan akan
Membanggakan bangsa ini dari sekarang dan untuk seterusnya”

Salam damai dan salam perjuangan dari seorang pemuda di tanah rantau.
Salam biroe \m/

0 komentar:

Posting Komentar