Minggu, 28 November 2010

coretan ringan tentang mimpi

Mimpi, mimpi adalah sebuah harapan yang ingin kita wujudkan walaupun dengan susah payah. Mimpi adalah harapan yang memberi kita semangat untuk terus berusaha. Mimpi itu seperti seteguk air di saat kita telah kehilangan tenaga, disaat kita kehausan berada ditengah padang pasir kehidupan. Secara logis pun kita bisa berpikir dengan baik bahwa mimpi itu penting. Sebuah contoh yang sering dialami anak sekolah, bagaimana kita akan mendapatkan nilai tinggi bila kita tidak pernah menginginkannya, karena keinginan untuk mendapatkan nilai tinggi makanya kita belajar bahkan karena saking inginnya tak jarang beberapa orang menggunakan cara curang untuk mendapatkan hal yang diinginkannya(yang ini jangan ditiru). Mimpi itu penting namun jangan lupa juga bahwa proses untuk merealisasikan mimpi itu jauh lebih penting. Apalah artinya mimpi yang terwujud namun dengan cara yang tidak baik, misalnya apalah gunanya kaya kalau dari hasil korupsi, kita memang kaya namun hidup tidak tenang karena selalu merasa diawasi dan dicurigai.
Mimpi bukan sekedar impian namun lebih dari itu. Mimpi tidak hanya berbicara tentang hasil akhir namun juga proses mendapatkannya.
Seorang teman pernah berkata padaku “kenapa kita harus bermimpi? Kita hidup di dunia nyata bukan dunia khayal yang semuanya bisa terjadi sesuai kehendak kita, kita ini di dunia nyata berhadapan dengan realita dan fakta bukan mimpi yang hanya semu.” Mungkin teman ku ini benar bahwa kita hidup di dunia nyata yang berhadapan dengan sesuatu yang real terjadi bukan dunia khayal yang semua keinginan terwujud tanpa keraguan, namun hal yang sesungguhnya tak pernah ia sadari adalah justru karena kita berada di dunia nyata lah makanya kita butuh mimpi kalau di dunia khayal ngapain juga mesti bermimpi cukup minta aja tanpa usaha pasti terwujud.
Kita butuh mimpi untuk menjadi bahan bakar semangat kita agar tidak pernah padam seperti lampu teplok yang membutuhkan minyak untuk dapat menerangi atau seperti motor yang butuh bensin untuk bisa hidup dan bergerak. Semua orang yang sukses di dunia pun menjadi sukses karena ia bermimpi untuk suskes bahkan orang yang kalah pun kalah karena ia memiliki mimpi untuk menang. Hanya karena terkadang realita menampilkan pertunjukkan yang tidak sesuai dengan apa yang kita impikan bukan berarti bahwa kita tidak boleh bermimpi dan menghentikan mimpi kita tersebut, justru dengan realita tersebut mengajarkan kita bahwa untuk mewujudkan mimpi itu tidaklah semudah yang kita kira dan perlu usaha yang jauh lebih keras atau mungkin memang belum saatnya mimpi itu terwujud.
Adalah suatu keharusan bagi kita untuk memiliki mimpi. Mimpi mengajarkan kita untuk mempunyai suatu tujuan dalam hidup. Mimpi memberikan kita arah akan dibawa kemanakah hidup kita, akan tetap biasa-biasa saja atau akan ingin menjadi lebih baik. Hanya dengan bermimpi maka kita akan mampu menjadi orang yang lebih dari orang lain. Orang yang tidak pernah bermimpi untuk sukses tidak akan pernah sukses dan bahkan ia tidak tahu apa itu sebenarnya kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar